Sumber Informasi Bantuan Pemerintah

Mengenal Program Bansos Jaminan Kesehatan

Apa itu Bansos Jaminan Kesehatan ?

Program bansos jaminan kesehatan atau yang biasa disebut JKN adalah program jaminan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan tujuan untuk menjamin agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan. Selain itu, bansos jaminan kesehatan juga bertujuan untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi setiap rakyat Indonesia agar penduduk Indonesia dapat hidup sehat, produktif, dan sejahtera.

Prinsip Bansos Jaminan Kesehatan

Bansos Jaminan kesehatan diselenggarakan secara nasional berdasarkan  2 prinsip, yaitu Prinsip Asuransi Sosial dan Prinsip Ekuitas. Kedua prinsip ini diterapkan untuk dapat terpenuhi dan terpelihanya kebutuhan dasar kesehatan bagi masyarakat.

Sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 2009, Prinsip Asuransi Sosial diselenggarakan dengan menciptakan kegotong-royongan antara yang kaya dan miskin, yang sehat dan sakit, yang tua dan muda, dan yang berisiko tinggi dan rendah. Selain itu, dengan prinsip asuransi sosial, kepesertaan bansos jaminan kesehatan bersifat wajib dan tidak selektif, serta iuran yang dibayarkan berdasarkan persentase penghasilan peserta dan bersifat nirlaba.

Sedangkan prinsip ekuitas, dilaksanakan untuk memberikan kesamaan dalam memperoleh pelayanan sesuai dengan kebutuhan medisnya yang tidak berkaitan dengan besaran iuran yang telah dibayarkannya.dan pemerintah membayarkan iuran bagi mereka yang tidak mampu

Adapun bentuk manfaat yang diberikan melalui bansos Jaminan Kesehatan meliputi pelayanan kesehatan perseorangan yang komprehensif, mencakup pelayanan peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), pengobatan (kuratif) dan pemulihan (rehabilitatif) termasuk obat dan bahan medis dengan menggunakan teknik layanan terkendali mutu dan biaya (managed care).

Program bansos jaminan kesehatan diselenggarakan oleh badan penyelenggara jaminan sosial yang dibentuk dengan Undang-Undang. Organisasi, fungsi dan hubungan antar kelembagaan masih menunggu penetapan RUU BPJS.

ketentuan dan peraturan bansos jaminan kesehatan diatur Dalam UU Nomor 40 Tahun 2004 Tentang SJSN. UU tersebut mendelegasikan 4 aspek teknis penyelenggaraan program jaminan kesehatan nasional untuk diatur dalam peraturan presiden. Keempat aspek teknis tersebut adalah: 1) kepesertaan, 2) iuran, 3) paket manfaat, 4) pemberian pelayanan. ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.