Sumber Informasi Bantuan Pemerintah

Belum Dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan ? Mungkin Kamu Perlu Tau Ini!

Bantuan Subsidi Upah BSU

Kendala terbesar yang sering dihadapi Pekerja untuk mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan adalah tidak memenuhi syarat yang ditetapkan oleh kemnaker. Syarat yang diwajibkan kemnaker untuk penerima Bantuan Subsidi Upah ditetapkan dalam  Permenaker Nomor 16 Tahun 2021.

Syarat yang sering kali menjadi kendala dan tidak terpenuhi adalah pasal 3B yang berbunyi :
“Pemberian Bantuan Pemerintah berupa subsidi Gaji/Upah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) diprioritaskan bagi Pekerja/Buruh yang belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan, atau progam bantuan produktif usaha mikro”

Dari pasal tersebut dipahami bahwa Penerima yang sudah menerima bantuan sosial lainnya, tidak memenuhi Syarat di Pasal 3B. Dengan kata lain, NIK yang sudah terdaftar di PKH, BPUM dan Prakerja tidak akan menjadi penerima Bantuan Subsidi Upah dari Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan.

Melalui akun Instagram Resmi milik Kemnaker @kemnaker, pernah dijelaskan terkait pasal 3B tersebut, yaitu :

  1. Untuk BSU tahun 2021 pemerintah telah menetapkan kriteria pekerja/buruh yang berhak mendapatkan subsidi gaji tahun 2021 ini sesuai dengan Permenaker Nomor 16 tahun 2021.
  2. Rekanaker dapat memberitahukan perusahaan/pemberi kerja apabila syarat pada angka 1 telah terpenuhi agar dapat diusulkan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada Kemnaker.

    Keterangan tersebut diberikan kemnaker untuk menjawab pertanyaan Rekanaker, yang nenanyakan alasan dirinya tidak terdaftar sebagai penerima BSU.
    “Saya bingung nih Min, kenapa ya saya tidak terdaftar di bantuan subsidi upah BPJS Ketenagakerjaan?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.