Sumber Informasi Bantuan Pemerintah

Begini Cara Daftar BDT Untuk Dapatkan Bansos Sembako Senilai Rp 200 Ribu

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Kemensos membocorkan tata cara buat mendapatkan bantuan sosial untuk masyarakat yang memiliki status kesejahteraan rendah. Salah satu bansos Kemensos yang masih cair ialah bansos Bantuan Pangan Non Tunai(BPNT).

” Tata cara mendapatkan bantuan sosial BPNT, Sobat Sosial harus tahu dulu yang namanya DTKS…. DTKS memuat 40 persen penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial rendah,” tulis Kemensos dalam akun sorotan cerita instagram@kemensos.

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yakni basis data terpadu yang jadi acuan Kemensos dalam menyalurkan bansos semacam bansos BPNTS dan bantuan yang lain. Meski demikian, masyarakat yang terdaftar di DTKS tidak secara otomatis bisa dapat bansos sembako BPNT.

Alibi yang dikemukakan oleh Kemensos ialah karena masing- masing program bansos memiliki syarat dan mekanisme tiap- masing- masing yang ditentukan oleh penyelenggara program sesuai dengan variabel yang dibutuhkan serta jumlah kuota yang terdapat.

Namun, keuntungan masyarakat yang sudah terdaftar di DTKS ialah dapat diusulkan buat mendapatkan program bantuan sosial dan pemberdayaan pemerintah pusat maupun daerah.

Terdapat pula tata cara buat mendaftarkan diri biar terdata di taman DTKS disaat ini dapat dicoba via aplikasi Cek Bansos pada menu Usul. Artikel ini hendak membahas mengenai panduan langkah- langkah buat catatan DTKS.

Panduan tata cara catatan DTKS biar dapat bansos sembako BPNT ialah sebagai berikut:

  • Download aplikasi Cek Bansos
  • Buat akun baru maupun user ID
  • Login mengenakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos
  • Masuk menu Anggapan Kelayakan
  • Tekan menu Usul
  • Lengkapi data pengusul buat mendapatkan bansos yang disalurkan Kemensos

Sebagai informasi, bansos sembako BPNT masih terus disalurkan sampai dengan bulan Desember 2021 kepada masyarakat yang terdaftar di link cekbansos. kemensos. go. id yang dikelola Kemensos.

Tata cara buat cek catatan penerima bansos sembako BPNT di link cekbansos. kemensos. go. id ialah sebagai berikut:

  • Buka link online cekbansos. kemensos. go. id
  • Masukan nama Provinsi, Kabupaten maupun Kota, Kecamatan, dan Desa maupun Kelurahan sesuai dengan Kartu Karakteristik Penduduk( KTP)
  • Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP
  • Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan‘ refresh’ apabila kode yang mencuat kurang jelas
  • Tekan tombol‘ Cari Data’.

Bansos sembako BPNT hendak cair dengan nominal Rp200 ribu per bulannya. Kemensos disaat ini tengah mengajukan usulan anggaran bansos sembako BPNT buat tahun 2022 biar bantuan ini dapat terus disalurkan.

Nah, Seperti itu bisa ADMIN bagikan mengenai Panduan Metode Catatan DTKS Supaya Bisa Bansos Sembako BPNT Rp200 Ribu, Cek Link Online cekbansos. kemensos. go. id. Mudah- mudahan berguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.